Senin, 19 Januari 2009

Teknik Komunikasi Terapeutik

Banyak metode atau teknik komunikasi terapeutik yang dapat diterapkan oleh petugas dalam membina hubungan interpersonal dengan klien. Petugas dapat secara aktif mendengarkan pembicaraan atau keluhan-keluhan pasien. Kemudian dalam menanggapi pembicaraan klien, petugas sebaiknya menggunaan pertanyaan terbuka dan tidak terkesan menghakimi pasien. Mengulang dan mengklarifikasi topik atau isi dan ide pokok pembicaraan yang dianggap penting juga sangat baik dilakukan oleh petugas untuk memperjelas tujuan dari komunikasi yang sedang dilangsungkan.

Jika isi pembicaraan dengan klien cenderung melenceng, petugas perlu melakukan focusing, untuk mengarahkan kembali pada topik pembicaraan yang diperlukan. Rasa humor dalam berkomunikasi perlu dipelihara oleh petugas dengan tetap memperhatikan kondisi dan situasi saat melempar humor. Memposisikan diri sejajar dengan klien sangat baik dilakukan, agar petugas dapat dengan mudah menangkap isi pembicaraan klien, dan klien merasa senang dan aman berada dekat dengan petugas.

Petugas juga perlu menjaga sikapnya, misalnya dengan mengendalikan emosi saat klien memperlihatkan perilaku yang kurang menyenangkan, yang penting dilakukan oleh petugas adalah mengarahkan perilaku klien tanpa harus melukai perasaannya. Menunjukkan sikap terbuka dan siap menolong, tidak menyilangkan kaki atau melipat tangan karena sikap ini menunjukkan sikap kurang terlibat. Bila klien duduk sendiri, ikutlah duduk di sebelah klien atau tepuklah punggungnya dan tanyakan ada apa. Gunakan teknik sentuhan misalnya dengan menyentuh tangannya agar klien merasa dihargai dan mempercayai kita.
Teknik selanjutnya adalah memberikan informasi untuk pendidikan kesehatan pada klien, sehingga pengetahuan klien akan kesehatan dirinya meningkat yang selanjutnya diharapkan dapat merubah perilaku yang sebelumnya kurang adaptif menjadi lebih adaptif. Sara-saran yang dianggap perlu untuk mengatasi masalah klien perlu diberikan petugas, baik ditanya maupun tidak ditanyakan oleh klien. Melakukan pendidikan kesehatan, bisa pula dilakukan dengan membagi persepsi dan pengalaman petugas dengan klien.

Tidak ada komentar: