Minggu, 18 Januari 2009

FAKTOR-FAKTOR PENYESUAIAN DIRI PADA LANSIA

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi :

1. Persiapan untuk hari tua

Bagi mereka yang tidak mempersiapkan diri secara psikis dan ekonomis untuk menghadapi berbagai perubahan yang akan terjadi dihari tua, seringkali akan mengalami trauma dalam melakukan penyesuaian tersebut.

2. Pengalaman masa lampau

Berbagai kesulitan dalam menyesuaikan diri pada lansia seringkali merupakan akibat dari pelajaran tentang bentuk-bentuk tertentu dari pengalaman masa lalu, yang tidak sesuai dengan periode usia lanjut dalam rentang kehidupanya.

3. Kepuasan dari kebutuhan

Untuk dapat menyesuaikan diri dengan baik dihari tua, baik pria maupun wanita harus mampu memuaskan kebutuhan pribadi mereka dan berbuat sesuai dengan harapan-harapan orang lain sepanjang rentang hidupnya.

4. Kenangan dengan sahabat lama

Semakin lama persahabatan antara orang-orang berusia lanjut dapat dipertahankan, semakin baik mereka melakukan penyesuaian dan juga berbahagia.

5. Anak-anak yang telah dewasa

Sikap anak yang telah dewasa terhadap orang tua yang sudah berusia lanjut dan sering berhubungan dengan mereka dapat menciptakan penyesuaian sosial dan personal yang baik bagi orang-orang lansia.

6. Sikap sosial

Salah satu hambatan besar dalam melakukan penyesuaian yang baik dimasa lansia adalah sikap sosial yang kurang senang dengan orang-orang berusia lanjut.

7. Sikap pribadi

Sikap menolak terhadap usia yang semakin bertambah tua, dan penyesuaian atas perubahan yang terjadi karena bertanbahnya usia, merupakan hambatan serius bagi penyesuaian diri yang berhasil dihari tua.

8. Metode penyesuaian diri

Metode Rasional (rasional methods) mencakup menerima batas usia, mengmbangkan minat-minat baru, belajar melepaskan anak dan tidak memikirkan masa lalu. Metode Irasional (irasional methods) meliputi menolak berbagai macam perubahan yang dating bersamaan dengan bertambahnya usia dan mencoba melanjutkan seperti masa-masa sebelumnya, asyik dengan hal-hal yang menyenangkan dimasa lampu, dan ingin bergantung pada orang lain untuk merawat dirinya.

9. Kondisi penyakit

Penyakit yang kronis (menahun) merupak penghalang yang lebih besar dibandingkan penyakit yang bersifat temporer dalam menyesuaiakan diri dengan masa lansia, walaupun penyakit temporer tersebut lebih dideritanya dan lebih berbahaya.

10. Kondisi hidup

Apabila seseorang lansia disuruh tinggal disuatu tempat dimana mereka merasa rendah diri, tidak sesuai dan membenci tempat itu, dapat mengakibatkan situasi yang tidak menyenangkan dalam penyesuaian diri yang harus mereka lakukan pada usia lanjut.

11. Kondisi ekonomi

Orang lansia akan merasa sulit untuk menyesuaikan dengan permasalahan keuangan karena mengetahui bahwa mereka mempunyai kesempatan yang kecil atau tidak sama sekali dalam memecahkn masalah tersebut, tidak seperti dulu ketika mereka masih muda. (Hurlock, 2004)

Tidak ada komentar: